Minggu, 15 Juli 2012

Kandungan Nutrisi Madu


Sebagi sumber obat, madu mengandung berbagai jenis komponen yang sangat bermanfaat bagi manusia. Komponen tersebut adalah karbohidrat,asam amino, mineral,enzim, vitamin dan air. Dua buah enzim yang sangat dominan kandungannya di dalam madu adalah Enzim Diastase dan Enzim Invertase.Kedua enzim tersebut sangat berperan dalam proses permentasi madu serta menghidrolis karbohidrat, protein, dan glikosida. Glikosida merupakan turunan dari monosakarida, sebagai contohnya glukosa dan fruktosa.Glukosa merupakan sumber energi untuk seluruh jaringan otot. Fruktosa disimpan sebagai cadangan dalam hati untuk digunakan bila tubuh kita membutuhkan.


Madu dapat dihasilkan secara sfesifik berdasarkan sumber nektar bunga tempat lebah madu digembalakan. Berdasarkan hasil penelitian para ahli dan pengalaman masyarakat pengguna madu setiap jenis madu dari sumber nektar yang berbeda memiliki khasiat yang agak berbeda pula.Dintara kahasiat dan manfaat dari madu yaitu :

1. Bunga kapuk randu sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan, menyembuhkan luka akibat diabetes, luka bakar(dioles pada bagian yangh terbakar),meningkatkan daya tahan tubuh dan menungkatkan memori otak terutama bagi anak-anak daalam usia pertumbuhan.

2. Madu Bunga karet sudah sangat bertkhasiat bagi yang mempunyai keluhan alergi(baik alergi makanan,obat,maupun alergi akibat perubahan cuaca)

3. Madu Bunga klengkeng dan rambutan sangat baik di konsumsi bagi penderita yang mengalami keluhan pada ginjal, memperlancar urine dan sakit pinggang.

4. Madu bunga Kaliandra dan bunga mahoni sangat baik bagi penderita hipertensi ataupun diabetes.

5. Madu Super ( madu yang telah dicampur dengan Royal jelly dan Bee Pollen) sangat baik dikonsumsi bagi para manula dalam rangka mempertahankan stamina dan tetap awet muda, dan masih banyak lagi manfaat madu yang berguna bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar